Wednesday, March 20, 2013

kuliah teori sistem



SEJARAH TEORI SISTEM

Ide tentang teori sistem umum (general system theory) telah diperkenalkan  lebih dahulu sebelum  sibernetika, dan rekayasa sistem. Konsep sistem mempunyai sejarah yang panjang. Beberapa nama  filosof dapat menjadi ilustrasi dari lahirnya aliran ini. Sebagai bagian dari filsafat alam (natural philosophy) maka jejaknya bisa di temukan sejak dari zaman  Leibniz, Nicholas of Cussa, Vico, Ibnu Khaldun, Karl Max, dan Hegel. Nicolas of Cusa dengan karyanya  De ludo Globi, dan Hermann Hesse dengan karyanya Glasperlenspiel merupakan orang yang telah berjasa dalam pengembangan berpikir sistem. Mereka berdua melalui bukunya, menyatakan  perputaran dunia melambangkan sebuah pola yang cerdas (cleverly designed), dan merupakan permainan yang abstrak.
Kohler, pada tahun 1924 telah mengemukan teori gestalt (physical gestalten). Pada tulisannya yang dipublikasikan pada tahun 1927, ia telah melahirkan postulat teori sistem, dengan maksud untuk menjelaskan  sifat yang umum dari inorganik dibandingkan dengan organik sistem.
Pada tahun  1925, Lotka  telah melahirkan  konsep sistem umum. Ia berbeda dengan Kohler yang melihat sistem sebagai kerangka fisika. Beliau adalah seorang statistikawan yang tertarik dengan  permasalahan populasi manusia dibandingkan dengan permasalahan biologi manusia sebagai suatu organisme. Lotka memandang masyarakat sebagai sistem dan individu sebagai sel.
Meskipun dalam biologi dan psikologi sudah sejak lama mengenal konsep sistem umum, namun pendekatan sistem baru terasa perlu  pada saat sekarang. Hal tersebut karena, rencana mekanistik dari ‘pelatihan sebab musabab isolabl’ dan  perlakuan  meristik (meristic treatment),  telah menunjukkan ketidak  efisienan alam menyelesaiakan  permasalahan teoretik terutama dalam ilmu pengetahuan biososial (biosocial science),  dan terhadap permasalahan praktis yang dilahirkan oeh teknologi modern. Kelayakan penggunaan pendekaan sistem  merupakan hasil dari perkembangan terbaru  di bidang teori, epistemologi,  matematika, dan lain-lain.
Generalisasi menjadi hal yang populer. Dalam banyak kasus di bidang biologi, perilaku dan sosiologi, penggunaan rumus dan model matematik banyak dijumpai.  Hal ini bukannya mengkaitkan penyatuan fisika dan kimia, tetapi  hal ini menjelaskan nilai penting fisika sebagai tokoh dari ilmu eksakta (paragon of exact science).
Organisasi Masyarakat  untuk Peneliti Sistem umum ( Sociaty for general system research) dibentuk pada tahun 1954, yang secara umum bertujuan untuk mengembangkan  teori sistem sebagai ilmu yang modern yang digunakan secara luas dan tidak bersifat tradisional lagi. Fungsi utama dari dibentuknya organisasi ini adalah sebagai berikut:
1.   Menyelidiki  isomorfi yang  terdapat pada berbagai konsep, hukum dan prinsip-prinsip berbagai bidang ilmu pengetahuan  dan membantu  kiat penerapanya dilapangan, dari  suatu bidang ke bidang lainnya;
2.   Mendorong perkembangan  model teori yang tepat di terapkan dilapangan, yang masih terasa kurang;
3.    Mengurangi usaha duplikasi teori  pada berbagai bidang;
4.    mempromosikan penyatuan ilmu pengetahuan dengan cara membangun komunikasi yang baik dan lancar diantara spesialis.
Sementara ditempat yang lain, terjadi perkembangan yang baru, yakni; penemuan sibernetika oleh  Norbert Wainers pada tahun 1948. Konsep sibernetika tersebut dikembangkan dari  teknologi komputer,  teori informasi,  dan mesin pengatur (self-regulating machines). Penemuan teori informasi oleh Shanon dan Weaver pada tahun 1949,  dan penemuan teori permainan (game theory) pada tahun 1947 oleh  Von Neuman dan  Morgenster.  Ketiga paket penemuan tersebut merupakan hal yang secara kebetulan dan memberikan sumbangan yang sangat besar bagi teori sistem umum (general system theory). Meskipun sumbangan dari sibernetika begitu besar, namun ia bukanlah identik dengan teori sistem umum (general system theory). Ia hanya merupakan salah satu bagian dari sekian banyak teori yang menunjukkan bukti tentang teori sistem umum (general system theory).

No comments:

Post a Comment